Prasasti Gondosuli

.

Prasasti Gondosuli merupakan salah satu objek wisata sejarah, terletak di Desa Gondosuli, Kecamatan Bulu berjarak sekitar 13 km dari kota Temanggung arah barat.

Prasasti adalah segala bentuk tulisan yang digoreskan atau dipahatkan pada batu, lontar, logam, dan benda keras lainnya yang menyimpan berbagai sumber sejarah di masa lalu.
Berdasarkan penelitian, Prasasti Gondosuli memuat 11 baris tulisan berhuruf Jawa Kuno dengan menggunakan bahasa Melayu Kuno. Bentuk tulisannya mirip prasasti-prasasti di daerah Sriwijaya-Andalas (Sumatera).

Prasasti Gondosuli ditulis atau dipahat pada batu besar dengan panjang 290 cm, lebar 110 cm, dan tinggi 100 cm. Sedangkan bidang yang ditulis berukuran 103 x 54 cm.
Prasasti tersebut berisi penghibahan tanah untuk bangunan suci/candi dan untuk memperingati pembangunan patung raja di sebuah preseda yang disebut Sang Hyang Wintang.
Sesuai candrasengkala yang ada, prasasti ini ditulis tahun 832. Prasasti Gondosuli menjadi saksi bisu kejayaan Dinasti Sanjaya pada masa pemerintahan Rakai Patapan (Rakaryan Patapan Pu Palar) sebagai raja di Mataram Hindu (Mataram Kuno).

Selain prasasti, di kompleks tersebut terdapat reruntuhan bebatuan candi. Hingga sekarang belum diketahui berapa luas candi tersebut karena bentuknya tidak utuh lagi.
Lokasi Prasasti Gondosuli relatif mudah dijangkau karena ada fasilitas jalan selebar enam meter dan beraspal.

0 komentar:

Posting Komentar

Statistik Pengunjung