WASPADA SINDORO: 25.370 JIWA MASUK KELOMPOK RENTAN

.


Politikindonesia.com - Kondisi Gunung Sindoro yang kini bersatus Waspada level II membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Jawa Tengah melakukan sejumlah langkah antisipasi. Pemda telah bersiap untuk mengungsikan warga disekitar lereng Sindoro jika keadaan memburuk. Kelompok yang rentan bencana, menjadi prioritas utama untuk diungsikan.
Kasi Penanganan Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung Eko Suprapto, Selasa (03/01) mengatakan, yang masuk dalam kelompok rentan tersebut seperti warga lanjut usia, wanita hamil, anak dan balita serta penyandang cacat. Jumlahnya cukup banyak. "Sebanyak 25.370 jiwa kelompok rentan ini akan mendapat prioritas untuk diungsikan lebih dulu," terang dia.

Kata Eko, puluhan ribu kelompok rentan itu tersebar di 5 kecamatan. Semuanya masuk kawasan rawan bahaya (KRB) II dan III.

Eko merincikan, di Kecamatan Candiroto terdapat 3.664 jiwa kelompok rentan. Di Kecamatan Ngadirejo ada 8829 jiwa. Kecamatan Kledung terdapat 3.678 jiwa. Lainnya di Kecamatan Parakan sejumlah 2.810 jiwa, dan Kecamatan Bansari 6.389 jiwa.

Jika pengungsian benar-benar harus dilakukan, warga yang mengidap penyakit menular akan ditempatkan di lokasi pengungsian khusus. “Tapi sampai sekarang belum ada data penderita penyakit menular, sehingga kami juga belum ada tempat pengungsian khusus untuk itu. Nanti masih akan kita lihat perkembangannya lebih lanjut," terang dia.
(kap/rin/nis)
http://politikindonesia.com/



JALIN KOMUNITAS RELAWAN

0 komentar:

Posting Komentar

Statistik Pengunjung