Candi Pringapus

.


Candi Pringapus terletak di Desa Pringapus, Kecamatan Ngadirejo, sekitar 22 km dari kota Temanggung arah barat laut atau sekitar 10 km dari kawasan Jumprit.
Candi yang diperkirakan dibangun tahun 850 ini tidak hanya menawarkan wisata arkeologi, tetapi juga wisata sejarah, wisata budaya, dan wisata pendidikan.
Peninggalan kuno ini memiliki panjang 5,19 m, lebar 4,83 m, dan tinggi 6,64 m. Di dalam candi terdapat arca Nandi yang menyerupai sapi atau kerbau. Sementara di sisi luar dinding candi terdapat relief flora dan fauna.
Arca-arca di bangunan candi ini bercorak Hindu Siwaistis dan jika dicermati bentuk bangunannya merupakan replika Mahameru yang menjadi lambang tenpat tinggal para dewata. Hal ini dibuktikan dengan adanya hiasan antefiq dan relief hapsara-hapsari yang menggambarkan makhluk setengah dewa.
Candi Pringapus hampir sama dengan candi-candi di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo dan Candi Gedongsongo di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.
Bangunan Candi Pringapus terdapat satu pintu di bagian barat yang berfungsi sebagai pintu keluar masuk. Bentuk candi menyerupai altar dan terlihat gagah. Di sisi kanan dan kiri pintu terdapat relief yang indah menggambarkan sepasang dewa dari kahyangan.
Karakteristik candi yang unik membuat banyak wisatawan asing berkunjung ke objek wisata ini, antara lain dari Belanda, Belgia, dan Amerika Serikat. Saat liburan, tempat ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, termasuk anak-anak sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar

Statistik Pengunjung